Sunday, May 13, 2012

JAPAN.....HERE I COME

Semenjak kejadian di awal bulan april, sebetulnya saya mulai ogah ogahan untuk pergi ke jepang… entahlah…sepertinya saya masih belum punya nyali untuk pergi sendiri di Negara yang bahasa utamanya bukan inggris selama 8 hari ditambah lagi saya harus menginap di dorm yg satu kamar terdiri dari 6 orang demi mengirit biaya selama perjalanan……arrrgghhh…membayangkan saja sudah membuat jantung saya kembang kempis….

Tp berkat dorongan dan paksaan teman-teman,,, mulai lah saya bergriliya menbuat itinerary, mengisi form, bikin foto, dan submit visa ke kedutaan jepang..caranya cukup mudah ya….. berikut ini saya kasih tau cara apply visa jepang versi saya…

1.       Passport asli
2.       Isi form yang ada di website embassy jepang (tp form ini belom terupdate, jadi kemarin saya harus isi ulang lagi di kedutaan),,, klo tidak ada yg garansi kita / referensi tulisnya NA aja ya..
3.       Form itinerary, ga usah lengkap yg penting ada keterangannya mo pergi kemana, nginep dimana
4.       Fotokopi ktp
5.       Bukti tiket pesawat yg ada nama kita
6.       Surat sponsor dari kantor
7.       Rekening (jumlahnya yg penting cukup untuk selama perjalanan)
Tambahan dari saya
1.       Print hotel yg sudah saya booking
2.       Berhubung ada 2 malam saya tidur di biss, jadi saya print juga bukti pemesanan bus nya
3.       Fotokopi kartu kredit

Nah…semua document itu saya serahkan secara berurut, dan kemudian saya kasih ke loket,,, petugas loket Cuma bilang, ini buat liburan kan?,,, lalu dia bilang lagi … ok, silakan kembali hari jumat untuk ambil hasilnya + pembayaran jika visa di approve + dikasih bukti penyetoran

Pada saat itu saya hanya bisa pasrah,,, pasrah akan di approve atau tidak, karena keinginan untuk pergi sudah mulai menipis….

Tibalah saya di hari jumat siang,,, saya datang di kedutaan jam 1 kurang, tp pintunya masih tertutup, jadi duduk manis lah saya di depan sambil menunggu pintu dibuka…. Dan kemudian jam 1.30 loket pun dibuka (bener-bener tepat waktu,,,, ga pake telat euy) en ga lama saya di panggil, saya serahin bukti nya,,,,,dan petugas loket kasih passport saya sambil membuka halaman yg sudah di tempel visa….en suruh bayar 325ribu….
Walaupun setengah hati,,,tp melihat ada lembaran visa jepang itu rasanya begitu indahnya…… senyum semringah pun terpancar dari wajah saya…. En dikepala rasanya berputar putar….antara sedih en gembira……

Sesampainya di kantor pun saya jadi linglung,,,, computer yang seharusnya saya pencet cntl +alt+del untuk buka password, ini saya pencet enter berkali kali en kemudian saya bilang “ loh..loh..kok computer gw hang ya, ini gw enter kok diem ajah”  ( ya iya lah cin,,, emang nya lagi deep sleep, sampe perlu di teken enter,,,ini kan lagi ke kunci)…… en setiap orang yg lewat, saya bilang….”eh eh…visa jepang gw di approve donk”….. hahahahaha…… norak senorak norak nya….. :d

Sekarang……. Berarti saya sudah harus siap siap belanjar bahasa std buat nanya jalan, nanya makan, en intro ya…. Hihihihihi……..

JAPAN….HERE I COME….

6 comments:

  1. permisi mau tanya,pas di formulir visanya kan ada isian ttng guarantor nya..itu kamu punya guarantor dr jepangnya atau g ada? kl g ada terus di kosongin aja gt? thx

    ReplyDelete
  2. Saya ga punya guarantor, jd waktu itu isinya na or null

    ReplyDelete
  3. oh iya mau tanya lagi... kamu apply visa brp bln sebelum kebrangkatan? soalnya saya ke sana bulan april 2013 jd enaknya apply bulan feb atau maret ya?
    untuk booking hostel dan willer bus jg kamu booking brp lama sebelum keberangkatan? thx.

    ReplyDelete
    Replies
    1. visa japan itu berlaku untuk 15 hari disana selama 3 bulan, jadi kalo mo berangkatnya april, baiknya appy bulan maret (1 bulan sebelumnya, incase nanti ganti jadwal penerbangan.. :d
      untuk willer bus en hostel, beli sebelum apply visa, karena itu juga kusubmit pas apply biar lebih dipercaya..

      Delete
  4. mbak vira, salam kenal.
    pertengahan tahun ini, sy insya allah akan ke jepang. sy mau tny sedikit. dari bbrp blog yg saya baca. banyak yang menggunakan JR Pass. sepertinya m. vira tidak pakai JR Pass. pertimbangannya apa ?
    tatik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal tatik..
      Sebelum berangkat aku bandingin harga jr pass sama non jr pass... Mahal jr pass nya,, jd milih naik ketengan ajah euy... Dan klo ga salah di kyoto kebanyakan pake bus, ga perlu jr pass... En di nara cm jalan kaki, ga perlu pake jr pass juga.. :d

      Delete