Thursday, May 3, 2012

bangkok day 2 - part 1

28 April 2012

Hellow Bangkok….good morning asoke…… 

Pagi ini saya akan berpelesir ke beberapa wat/candi dan tempat yang wajib dikunjungi disaat kita berada di Bangkok,,,ada beberapa hal yg perlu diperhatikan terlebih dahulu ya :
  • Ketika memasuki lingkungan wat, kita harus  berpakaian rapi (celana panjang en kaos  berlengan)
  • Di grand palace ada tempat peminjaman rok, untuk orang orang yang kesananya hanya mengenakan celana pendek atau legging, biaya depositnya 200bath en uang pas en ga terima receh, mereka ga punya kembalian (karena uang kita akan di jepit di form peminjaman)
  •  Di vimanmek palace, kita harus beli kali seharga 40 atau 100 bath (tergantung kainnya) untuk yg tidak memakai pakaian layak 
  •  Di  ananta samakhom throne hall, kita harus pakai rok, jadi buat yg pake celana atau ga bawa kain harus bayar 40 bath untuk mendapatkan kainnya,,, oia, klo kita beli kain disini tangan kita akan di cap,,entah itu untuk membuktikan bahwa kita ga maling kain mereka atau tidak meminjam kain teman –teman yang lain…. Haizz
  •  Jadi,,,sebaiknya..klo pingin jalan santai tanpa harus pake celana / rock panjang…mendingan bawa KAIN sendiri,,, lebih seru lagi kalo kalian bawa KAIN BATIK or KAIN BALI…coz bisa memperlihatkan motif2 lucu asli budaya Indonesia……
Ok… lanjut ceritanya…. 
wat pho

wat pho

Tujuan pertama adalah wat pho atau terkenal dengan sebutan patung budha tidur…. Dari MRT asoke (shukumvit), kita menuju ke hua lampong, dari sini kita bisa ambil yg exit ke arah china town, keluar mrt, ambil kearah kanan, trus liat pemberhentian bus no 40,,, jalan ke belakang sana sedikit dan tunggu sampai bus no 53 lewat ya…. Bus ini akan melewati Chinatown, india town dan wat pho… klo mo turun dulu di Chinatown en liat liat juga bisa kok..perjalanan ke wat pho ini memakan waktu sekitar 20-30 menit (tergantung macetnya), di dalam wat pho ada beberapa bangunan yang bagus bagus untuk foto-foto…kompleknya lumayan besar kok,,, 
wat arun, dibelakangnya ada tempat belanja
 Selesai foto di wat pho, saya kembali ke pintu masuk tadi, dan berjalan ke arah dermaga ( melewati pasar ikan),,, disini saya menyebrang sungai untuk melihat keindahan wat arun… oia..lucunya saya disana ketemu dengan rombongan dari Indonesia, en tour guidenya ngomong “ok, itu wat arun, itu tempat belanjanya,, nanti kita ketemu lagi jam 11 disini ya)…..dalam hati saya bilang WHHHHAAATTTT??? Udah bayar tour mahal mahal,Cuma buat di tinggal gitu doank??enakan gw donk, tinggal ngintilin tour guide local yg lagi nerangin ke wisatawan asing,,,, saya dapet sejarah wat nya tanpa harus merogoh kocek lebih banyak lagi….:P oia….. di sebelah kiri belakang wat arun ini ada tempat pembelanjaan dimana yg punya itu orang medan, en rata-rata penjualnya bisa berbicara bahasa Indonesia… saya sempat dengar percakapan bapak bapak dengan penjual… Bapak: “ini berapa?” penjual “500”… bapak : “bisa lebih murah”….penjual: “bisa, 400” en beberapa percakapan lainnya… so buat orang Indonesia yang ga bisa bahasa inggris or Bangkok,,, ga usah kwatir…mereka ngerti kok….. ;) 

Selesai dari wat arun, saya menyebrang ke dermaga awal,,,rencananya mau makan di depan dermaga, sambil menanyakan jalan kepada penjualnya…tp sayang sekali mereka masih belom buka… akhirnya saya jalan kaki terus kea rah pintu utama grand palace, en menemukan tempat makan (en dermaga lain),, disini makanannya sekitar 50 bath untuk nasi goreng atau pat thai, awalnya selesai makan saya mo bertanya jalan dengan salah seorang penduduk local disana,,tp setelah saya lihat-lihat,banyak supir tuk-tuk yang sedang menanti penumpang disana,,akhirnya saya memilih untuk tidak bertanya dengan mereka… 
grand palace

Grand palace,,,, pertama kali saya ke Bangkok, saya ga masuk ke tempat ini dikarena tiketnya mahal..hihihi..tp kali ini saya memilih untuk masuk dan melihat lihat + foto. berhubung teman saya pake legging en saya pake celana 3/4, jadilah saya mengantri di tempat peminjaman kain…ya ampun ini antriannya panjang dan melingker….. lama bener deh…. 

Grand palace ini sendiri merupakan tempat yang paling luas dari tempat yg saya pernah datangin di Bangkok… ada banyak sekali bangunan yg indah,,, berwarna emas, silver,,, dan ada juga yang bergaya eropa….. asli…keren abissss…… sayangnya siang itu mataharinya lagi kembar 9,,,panas nya pollll…… saya yang biasanya ga takut sama panas, kali ini terpaksa ciut,,,, mulai dari kegerahan, kecapean, dehidrasi, dll yang akhirnya membikin saya males untuk berfoto foto…. 

Keluar dari pintu utama, saya menuju turism information di sebrang grand palace, dari sini saya tau kalo kami harus naik bus no 70 menuju  dusit area ( vimanmek palace or dusit zoo) bayar sekitar 7 bath, atau naik taksi seharga 60 bath (hayo pilih mana???)…..saya pun naik bus,,, dan mulai kebingungan setelah 10 menit kondekturnya ga nagih nagih duit…… hehehe…ternyata bus yang saya tumpangi itu merupakan salah satu dari bus gratis yg disediakan oleh pemerintah Bangkok….. enak kan,,,,udah ga disasarin, gratis pula….hihihihihi….  oia,,, kenapa saya mo pergi ke vimanmek,,,,, karena tiket grand palace itu sudah include dengan tiket vimanmek, ananta samakhom throne hall dan beberapa tempat lainnya yg bisa digunakan selama 7 hari setelah pembelian tiket…. Ga mo rugi kan??...hihihihi…. :d 
vimanmek palace yg ga boleh difoto
 Sesampainya di vimanmek,,,kita harus meninggalkan tas, kamera, hp dll…..sendalpun harus dicopot,,, kita hanya boleh bawa diri sendiri sama dompet (kalo takut ilang),,,, loker penyimpanannya seharga 20 bath untuk ukuran kecil dan 30 bath untuk ukuran besar…..iiiihhhhhhh..matre banget sih mereka….  Disebelah vimanmek ada juga abhisek dusit throne hall, disini banyak barang barang kerajinan tempo dulu,, tp kembali lagi…saya ga boleh foto foto didalam hall ini…… 
ananta samakhom throne hall

Lanjut ke arah ananta samakhom throne hall,,,, ini merupakan bangunan baru bergaya eropa….sumpah…keren abis di luar en di dalemnya…… mantapppp…..kita bisa pinjam headphone untuk mendengarkan penjelasan mengenai bangunan ini…

Lanjut di part 2

No comments:

Post a Comment