Monday, June 8, 2015

Maluku Trip - Pulau Kei Kecil


Beberapa tahun yang lalu saya pernah berfikir untuk melakukan perjalananan keliling Sulawesi – Maluku selama satu bulan ( biar ga mahal di tiket pesawat kalo perginya cuma 4-5 hari ajah). Akhirnya trip ini benar terjadi, walaupun hanya keliling 3 kota dimaluku selama 9 hari. Perjalanan ini sebetulnya terinspirasi dari seorang teman yang mau  pergi ke ora bulan agustus nanti, dan kemudian kita menemukan sebuah foto yang bikin tercengang, jadilah tanggal 29 Mei – 7 juni 2015 ini saya bersama teman –teman ( mba Hanny, Andreas, Swon, Mas Ridwan –wisatakita.com , uni ranti dan uda rozi) berangkat ke Maluku. 
maluku area yang di kotak merah
 
kei- ambon- pulau seram



29 Juni 2015.


Jumat sore yang menegangkan.. 


Setelah kerjaan yang menggila, saya memesan taksi untuk menuju ke bandara. Entah kenapa traffic sore itu bener-bener menggila. Taksi yang saya pesan sedang berada di kuningan city dan butuh 1 jam untuk sampai ke kantor saya di GKBI. Kemudian, pintu tol semanggi arah grogol pun ditutup begitu saya sudah sampai depan gerbang tol, akhirnya taksi pun harus merayap sampai gerbang tol slipi (hadeehh..aku lapar dan kebelet pipis). Untungnya begitu keluar tol jalanannya langsung lancar. 


Sesuai perjanjian, saya dan teman-teman ketemuan di garuda lounge ( demi makan gratis potong poin kartu kredit), disana sudah ada uda rozi ( yang baru pertama kali saya ketemu), begitu ketemu saya langsung bilang “ oji ya?.. nitip tas donk, kebelet neh
“.. hahahaha… no basa basi atau apapun, langsung keluar deh aslinya. 


Ga lama andreas dan mba hanny datang, dan pembicaraan seputar kamera pun terjadi. Otomatis saya mengeluarkan kamera slr kesayangan saya untuk ngetest foto,,, dannn… dannnnnn… ternyata… batere saya tidak ada di dalam kamera sodara-sodara, panic donk.. udah cape-cape bawa kamera  yang berat + lensa 18-200 nya en tripod yang klo ditotal itu beratnya 1/10 kali berat badan saya ( males kan ngitung nya).  Saya pun coba telpon kerumah untuk check batere dirumah en si kakak bilang kalo ga ada batere yang terlihat di kamar saya. Walaupun begitu, saya masih panic dan deg-degan, takut si batere tercecer di tempat lain atau kantor. Huffff…. Malam ku tidak tennnaaaangggggg….. 
Jakarta Team, pic before take off


 Di dalam gate, kita melihat beberapa orang yang sudah bawa snorkeling set. Wah..rupanya mereka juga mau ke ambon / ora untuk main air. Penerbangan malam ini memakan waktu 1,5 jam untuk ke  makasar, kemudian transit 30 menit,dan 1,5 jam lagi ke ambon. Dari ambon kita masih harus menunggu 1 jam (disini saya sempet cari toko elektronik yang jualan batere kamera, cuma sayang ga ada yg jual euy) dan 1,5 jam lagi menuju Langur, Kei Kecil. Dengan perbedaan waktu 2 jam.  Kita ber 6 sampai di pulau kei kecil sekitar pukul 10. Airportnya ini merupakan airport baru, posisinya bukan di langgur, tp nama airportnya masih langgur dengan kode airport LUV (romantis kan).



Hal pertama yang saya lakukan ketika sampai di bandara Kei adalah mencari batere SLR dr backpack bagasi, rasanya selama menunggu backpack dateng sampe buka wrapping dan buka tas penyimpanan kecil itu deg2an kaya nunggu pengumuman diterima kerja dulu (lebaaayyy). begitu buka tas kecil dan ubek sana sini trus ga liat batang idungnya si batere saya hampir meyerah dan lemas ( mikir bawaan berat tp ga bisa dipake) ga lama saya liat chargeran batere dan ternyata si batere masih bersarang disana dengan cantinya.  Alhamdulillahhhhhh.....
Dari airport kami di jemput oleh pak Tukan, driver dari coaster cottage. Perjalanan menuju coaster cottage itu sekitar 1 jam. Coaster cottage ini berada di daerah ohoilir, depan pantai persis. Penginapannya enak banget, besar dan bersih. Makanannya pun enak. 
dari depan penginapan




Setelah penat hilang, kami bersiap menuju gua hawang dan evu water pool di daerah dullah. Gua hawang ini bagus ketika matahari menyinari guanya, airnya seakan bersinar bening. Untuk Evu water pool ini sebetulnya hanya pool untuk berenang dengan air yang aga keruh. Kemudian kami beranjak menuju ohoider tutu dan matwear. Ini merupakan pantai dengan pasir terhalus (sedunia atau se Indonesia), dia pun masih termasuk dalam jajaran pantai pasir pajang, ngurbloat. 
gua hawang


 
ohoider tutu

matwaer beach


Selesai menikmati pantai, kami menuju airport untuk menjemput mas ridwan dan kemudian  mengejar sunset di airport.  Beneran ya.. awannya bagus banget, warnanya ungu-ungu ketika matahari mulai terbenam  dan berganti gradasi warna ga lama setelah itu.. Indaaaahhhhhh.

 
sunset at bandara

awannya ungu


Oia, di Kei kecil ini, Tual itu pusat kotanya, disini ada pasar dan segala macam keperluan. Jadi kalo mo kesini, ga perlu report –report bawa cemilan dan lain-lain.. banyak kok jajanannya. Banya juga hotel di dekat tual sini. Tp memang yang terkenal itu coaster da savanna ( mungkin karena beritanya banyak di internet ya).  Posisi Coaster Cottage yang jauh dari kota, bikin kita jauh kemana-mana termasuk jauh dari sinyal Internet. Tapi dengan begini, kami merasakan yang namanya liburan dan mendekatkan diri kepada anggota trip (bukan pdkt yak,,tapi lebih ngobrol-ngobrol dan saling mengenal ajah)





 Tips untuk ke kei island :



-    Ada beberapa penerbangan dari ambon menuju kei kecil seperti garuda dan wings

-    Bawa simcard telkomsel, karena hanya jaringan ini yang menjangkau kei kecil

-    Bawa alat snorkel sendiri karena di penginapan adanya terbatas.

-   Mobil disini kebayakan avanza atau innova, jadi kalo mau datang berkelompok, sesuaikan dengan kodisi mobilnya ya.



Info  penginapan :

 Coaster Cottage, dengan bobz : 081343472978 ( bob.azyz@yahoo,com),  driver  di kei , bapak tukan :  0812 2918 9446 ( si bapak sudah agak tua, orangnya baik dan nurutin mau kita, Cuma terkadang saya merasa jalannya suka muter-muter ) 



Harga kamar :

Old cottage :  165rb / room/ day

New cottage : 220 rb/room/day

The vila : 770 rb / house / day

Doctor house : 165 rb room/ day

Meals : ( 110 rb / day) or 30 rb for breakfast, 40 rb for lunch and 40 rb for dinner.

11 comments:

  1. halo mba vira, salam kenal saya Mia. Saya mau tanya2 soal trip mba ke pulau kei boleh kah? Untuk hopping island keliling pulau2 sekitar Kei brp ya mba? Mba vira punya cp yg bs dihubugi kah? terimakasih :)

    ReplyDelete
  2. halo mba vira, salam kenal saya Mia. Saya mau tanya2 soal trip mba ke pulau kei boleh kah? Untuk hopping island keliling pulau2 sekitar Kei brp ya mba? Mba vira punya cp yg bs dihubugi kah? terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mia,

      Salam kenal. Aku aga lupa, tp kurang lebih 300-400rb deh. Coba check blog selanjutnya, aku ada tulis disana. Untuk CP nya aki ga punya, tp bisa hub penginapan yg ada diatas. Mereka juga sebetulnya punya paket untuk hopping island.

      Delete
  3. selamat malam mba Vira, mau tanya, waktu di Kai mba Vira backpack atau ikut tour? saya pengen kesana, tp masih menimbang2 apakah ikut open trip atau backpackeran... takutnya disana susah transportasi... terima kasih Mba Vira. Slam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malam Xaveriushandy,

      Saya kesana sewa mobil sama temen-teman. Soalnya banyak lokasi yang ga dilewati angkot dan menurut saya hemat waktu sih. Waktu kesana backpack kok, ga ikutan tour.

      Delete
    2. Sewa mobil brp biayanya? Trus bisa utk kemana aja?

      Delete
  4. Hei mba.. Aku perantau yg tinggal di Ambon nih. Pengen ke kei, btw tiketny brp y Dr Ambon? Plis saya butuh info ini.. Bls ke emailku ya bluefeatherku@gmail.com thx b4

    Catatanamanda.com

    ReplyDelete
  5. Hei mba.. Aku perantau yg tinggal di Ambon nih. Pengen ke kei, btw tiketny brp y Dr Ambon? Plis saya butuh info ini.. Bls ke emailku ya bluefeatherku@gmail.com thx b4

    Catatanamanda.com

    ReplyDelete
  6. Waaa ternyata lo udh duluan ke Pulau Kei ya vir. Sumpah kece banget deh. Ga nyesel jauh-jauh datang kemari.

    ReplyDelete
  7. pertama kali ke Pulau Kei Kecil tahun 2015 lalu dan sampai sekarang masih gak bisa lupa keindahannya. :)

    ReplyDelete
  8. bagus kak ceritanya, semoga bermanfaat, salam

    Lanjutkan

    ReplyDelete