Friday, June 12, 2015

Maluku Trip - Ambon to Desa Sawai (Ora)

Day 5, 3 Juni 2015


Semoga hari ini menyenangkan……

Setelah mengalami hari yang melelahkan, saya berharap hari ini mejadi lebih baik… 

moonset dari lantai 5 victoria guesthouse

 Supir saya ( yang pertama kali saya pesan) datang menjemput di hotel untuk menuju ke pelabuhan tulehu. Dia bercerita bahwa perjalanan ke sawai itu jalan nya rusak, belok-belok, naik turun bukit dll..dll, dia suruh saya tanya ke supir (yang sudah saya pesan) dia bawa mobil apa, kalo Avanza katanya ga kuat, musti innova dan buntutnya dia merekomendasikan temannya (satu link) untuk kita pakai selama di pulau seram. Dia juga merekomendasikan salah satu cottage yang terkenal di pulau seram itu. Untuk menyakinkan, saya turun di ATM BCA, kemudia menelpon bung barce, supir dari amahai  ke sawai (sengaja nelpon diluar biar ga di dengan oleh si pak supir). Bung Barce bilang kalo perjalanan dari amahai ke sawai itu aman kok, dia sering jalan kesana jadi ga perlu kwatir. Malah supir –supir dari ambon ini sebetulnya hanya mendengar cerita-cerita saja karena mereka belom pernah ke desa sawai. Huuufff…leggaaaaaaa…. 

sunrise dari lantai 5 victoria guesthouse

Sampai di pelabuhan tulehu, sudah banyak potter yang menunggu untuk mengangkut barang kita ( saya sih ga pake potter ya). Kemudian kita masuk ke kelas ekonomi. Keren loh, kelas ekonominya aja dapet duduk en ada AC nya. Jd buat apa bayar 2x lebih mahal kalo bisa dapet tempat nyaman juga.. hehehe… ga lama kapal jalan, tiba-tiba gadis kecil didepan saya mulai ngajak ngobrol dan kenalan. Dia ga malu-malu pegang2 tangan saya en suruh saya ngikutin gerakannya dia. Karena cape main sama dia, saya pun tidur. Si anak ini manggil saya, tapi saya ga jawabin. Tetep pura-pura tidur.. ga lamaaaaa…. Paha saya di pukul kenceng.. ternyata dia turun dari kursinya, kemudian nyamperin saya en mukul saya.. saaaakiiiiiiitttttttt…… 
sunrise dari lantai 5

Kemudian kejadin ini terulang lagi,, saya tidur, dia manggil,saya ga jawab dan diaaaaaaaaaaa MELUDAH… yup,, dia ludahin muka saya…hikksss..hikkssss… karena bapaknya lagi gendong adiknya diluar, akhirnya si anak di omelin sama bapak-bapak disebelah saya dan teman saya… haaaduuuhhhhhhhh ambonnnnnn kenapa kau begitu kejam kepadaku………. Aku sedddiiiiihhhhhhhh……… ( nangis dipojokan)

di pdktin sama anak-anak kecil

Sampai di pelabuhan amahai, bung Barce sudah menunggu kita. Dia pun bantu kita menyusun barang-barang di mobil agar muat.. haha.. 6 orang dengan bawaan minimal 2 tas untuk satu bagasi kecil doank. Sebelum melanjutkan perjalanan selama 3-4 jam, kami mampir ke rumah makan Madura di dekat pelabuhan amahai.. rasanya enak en cocok di lidah.. sepanjang perjalanan bung barce bercerita tentang pulau seram, sawai, penginapan lisar bahari dan sekitarnya.  Di sekitar daerah desa sawai ini ada beberapa penginapan sebetulnya. Tapi yang terkenal itu ora beach resort dan lisar bahari. Kebetulan untuk beberapa hari kedepan, saya menginap di penginapan milik pak Ali ini.

penginapan lisar bahari
3 jam lebih sudah berlalu. 2 bukit sudah dijelajahi dan akhirnya kami tiba di desa sawai, sepanjang jalan masuk ke desa ini, banya pohon-pohon duren, sayangnya sudah lewat musim durian ketika kami kesana. hikkkssss…  dan jangan kaget begitu memasuki desa, rumah begitu banyak dan dekat-dekat.. kata bung barce, orang sini suka bikin anak.. hihihihihi.

dari depan kamar
Kami disambut oleh hujan ketika masuk ke gerbang penginapan lisar bahari. Karyawan pak Ali membantu kami untuk membawa barang-barang ke kamar, dia memberikan kami 5 kamar tidur untu 6 orang, dia bilang “silakan di pakai yang mana saja, dan jangan pegang tas atau bongkar tas dulu, mari kita kedepan”. Di depan kamar, kami sudah disuguhi teh, kopi dan cemilan. Nikmaaatttttt………
 
menunggu sunset


 Pak Ali membiarkan kami bersantai sejenak menikmati indahnya  pemandangan di depan mata  dan juga melihat ikan –ikan di depan penginapan.  Menjelang sunset, kami mulai pecicilan, ga sabar untuk moto sunset dan kemudian pak Ali bilang “ tunggu disini 5 menit ya, kalian siap siap”…… jreng..jreng..jreng… kami semua pandang –pandangan donk. Ternyata pak Ali keluarin kapalnya dan ajak kita untuk liat sunset di pondokan tengah laut.  Walaupun sunsetnya kurang kece karena awan mendung, tapi kita tetep dapet foto kece waktu pulang.



tiba-tiba langitnya jadi pink

Telpon Bang Barce ( mobil ke sawai) : 085343215523
Telpon Pak ALi-lisar bahari : 82111181137

3 comments:

  1. mantap kakak Vira, keep posting...:)

    ReplyDelete
  2. makasi.... pasti bakal posting terus kok.. :)

    ReplyDelete
  3. MEDIA RENTAL CAR - AMBON
    Kami merupakan salah satu penyedia jasa penyewaan mobil di Kota Ambon. Siap melayani anda yang akan berkunjung ke Kota Ambon, untuk menjalankan tugas kedinasan, berbisnis ataupun berwisata. Tersedia Paket menarik diantaranya

    - Paket Per Jam Rp. 80.000 / Jam (min.pemakaian 2 jam)
    - Paket Antar Jemput Bandara Menuju Kota Ambon Mulai Rp. 150.000
    - Paket Antar Jemput Bandara Menuju Pelabuhan Tulehu Mulai Rp. 150.000
    - Paket Antar Jemput Dari Kota Menuju Pelabuhan Tulehu Mulai Rp. 150.000
    - Paket Hemat Rp. 450.000 / 12 Jam BBM+Supir (Avanza / Xenia 2010)
    - Paket Normal Rp. 600.000 / 12 Jam BBM+Supir (All New Xenia/Avanza G/ Avanza Veloz)
    - Paket Santai Rp. 650.000 / 12 Jam BBM+Supir (Innova G / Innova V Luxury)
    - Paket Eksekutif Rp. 900.000 / 12 Jam BBM+Supir (Innova Reborn)
    - Toyota Fortuner, Toyota Alphard, Rp. CALL
    Harga sudah termasuk Biaya Bahan Bakar, Jasa Pengemudi.
    Kendaraan Sehat, Full AC, Full Musik, Pengemudi berpengalaman (mengenal seluk beluk dan informasi wisata kota Ambon)

    Untuk perjalanan luar Kota / long trip (Pulau Osi / Ora Beach / Paperu Beach / Saparua) Harga CALL

    Untuk promosi perusahaan (Sales Call / Marketing Tour) kami menyediakan unit kendaraan yang siap di Branding dengan logo ataupun nama perusahaan anda

    Hubungi Kami :

    MEDIA RENTAL CAR AMBON
    Jl. Rijali No. 57 Ambon Telp 0911-3820126
    Fast Response SMS/WA 081247134134
    Online Order : JASA SEWA MOBIL DI AMBON

    ReplyDelete