Sunday, July 1, 2012

Japan Trip - day 1 Osaka

22 Juni 2012


LCCT Kuala Lumpur => Kansai Airport => namba station => Osaka castle =>  Shitenoji Temple => Dotonbori => america mura => shinsaibashi-suji=> hozenji alley=> namba =>tokyo

00.20 pesawat saya baru mendarat di LCCT kuala lumpur, entah kenapa hari ini saya dapet tempat parkiran pesawat jauh bener di belakang terminal, jadi bikin saya musti jalan lebih jauh dari biasanya,, padahal pesawat airasia X nya udah siap mo berangkat..(tp tetep nungguin saya donk,drpd mereka harus gantiin tiket en penginapan..hihihi), en bikin saya diliatin orang satu pesawat (mungkin mereka kesel harus terlambat karena nungguin saya en beberapa penumpang yg dari indo lainya ya..:( oia, hebatnya di deket tempat duduk saya, banyak banget orang indonesia yg mo pergi ke jepang juga, mungkin karena liburan sekolah ya.

Perjalanan 6 jam 45 menit ini (ditambah selisih waktu 2 jam), bikin saya mati gaya, udah makan, udah tidur, bangun, tidur lagi, bangun lagi…ga sampe-sampe…. Lama bener,,,, haizz, gimana kalo ke eropa ya…

Sekitar pukul 9 pagi saya sampai di kansai airport, nah dari keluar gate ini, kita musti naik sky shuttle ke main airportnya,, setelah keluar imigrasi (ga pake ngantri), ambil koper, terus saya ke bagian tourist information di sebelah kiri pintu keluar untuk minta peta osaka-kyoto en tokyo, serta menanyakan dimana bisa beli tiket one day pass nya kansai, en petugasnya menunjukan untuk naik ke lantai 2, terus ke sebelah kiri melewati jembatan,,disana itu ada statiun kansai untuk jr line.. di sebelah kiri juga ada loket pembelian tiket, tp kalo pede bisa langsung beli di vending machine nya… ada tombol untuk bahasa inggrisnya di setiap mesin ticket. Saya beli tiket kansai pass seharga 2300, ini sudah termasuk naik kereta jalur kansai buat all day + beberapa voucher untuk masuk arena arena tertentu.

ticket counter at kansai

ini tiket mesinnya

Pembelian tiket ini sebetulnya dikarenakan hari ini saya mau pergi ke beberapa tempat yg berbayar, seperti osaka castle (600 yen) en shitenoji temple (300 yen), jadi kalo diitung-itung saya lumayan untung, karena harga tiket dari kansai ke namba itu 1080 yen, all day pass osaka 850 yen (wiken 600 yen), + 2 admision fee seharga 900 yen.

Dari kansai, saya menuju ke namba station untuk menitipkan koper saya di deket namba ocat,karena malemnya saya mo ke tokyo. Station namba ini gede banget, saya hampir nyasar disini,,tp untung para petugasnya baik hati, walaupun ga bisa bahasa inggris, mereka kasih tau pake gerakan tanggan..or minimal mereka tau cara bilang turn right en left nya… :d di dekat namba ocat ini, saya taro koper, harga sewanya sebesar 400 yen untuk 1 hari (ukuran sedang), klo yg gede banget itu 600 yen en yg kecil seharga 100 yen,,, loker loker ini banyak dimana-mana,, mungkin biar orang ga cape bawa tentengan banyak ya… :d

Selesai taro koper, saya pun ke osaka castle…

Namba station => osaka castle
Ambil jalur sennichimae for minami tatsumi (pink) trus turun di tanimachi 9-chome, lalu sambung jalur tanimachi for dainichi (ungu) berhenti di temmabasi,

saya lupa exitnya dimana, tp bisa nanya di petugas loket kok, jd jangan kwatir nyasar ya.. dari statiun ini saya jalan lumayan jauh, disebelah kanan ada osaka history museum, gedungnya bagus en tinggi ..tp saya ga masuk ke dalem sih.. :D nah dari sana tinggal nyebrang jalan trus ketemu deh osaka castle nya…
osaka museum
Daerah ini emang luas banget, en si castle nya sendiri di kelilingi sama kali gede,, sayang warnanya ijo tua en saya liat ada beberapa sampah disana,kita bisa masuk sini en keliling –keliling ajah buat foto –foto sambil liat pemandangan osaka dari atas bukitnya,, atau memilih untuk menaiki castlenya en bayar 600 yen. Uniknya di sini, kita akan di tuntun untuk naik ke lantai 5 naik lift, trus turun satu persatu lantai secara manual aka pake tangga,,, haduh..kebayang donk abis turun naik tangga subway bawa koper, trus disuruh lagi turunin tangga 5 lantai lagi…..cappppeeeeeeeeee…

osaka castle area

En bikin laperrrr…. nah, kebetulan di depan castle ini ada stand stand makanan,,en saya memilih untuk makan takoyaki 400 yen isi 8 biji.. pas buat perut saya..:d selain itu juga ada tempat jual sovenir,, nah klo menurut saya, klo kalian suka en punya duit buat beli, mending langsung di beli ajah karena belom tentu akan ketemu di tempat lain lagi…kecuali untuk makanan en minuman ya…di airport juga ada kok.. :d

takoyaki di depan osaka castle
Di osaka castle ini saya ketemu sama cewe dari shanghai, en akhirnya kita memutuskan untuk sama –sama ke shitenoji temple deh.

Osaka castle –shitenoji temple
Ambil jalur tanimachi for kintetsu minami (ungu) turun di shintennoji-mae yuhigaoka
shitenoji temple

Begitu keluar dari statiun sudah ada petunjuk ke arah shitenoji temple, jadi nda perlu kwatir…beneran deh, ini jepang sangat ramah turis walaupun mereka susah bahasa inggrisnya… dimana-mana ada peta informasi or plang petunjuk..
Begitu masuk area temple, kita akan ditunjukan oleh makam-makam / batu batu nisan yg tinggi-tinggi,, trus ada juga flea market,, jual apa aja mulai dari baju sampe botol lama yg belom pernah dipake. Lalu ada taman en kolam kecil yg isinya penuh dengan kura kura,, untuk masuk kesini kita perlu bayar 300 yen. Saya lebih suka temple ini daripada osaka castle,.. entah kenapa,,disini rasanya lebih tenang en ga penuh sesak orang.. saya betah berlama-lama disini…

Shitenoji temple – dotomburi
Ambil jalur tsnimachi for dainchi, turun 1 statiun sesudahnya di tanimachi 9-chrome, lalu ganti kereta jalur sennichimae ke arah nodahanshin, turun di namba.


Dari namba tinggal jalan kaki sedikit ke arah dotombori, disini saya bisa liat banyak sekali toko toko kecil di dalam gang yg panjang en jauh banget, tp berhubung kaki udah pegel, saya en teman baru saya memutuskan untuk makan terlebih dahulu, sayangnya saya cm dpt tempat makan mie yg ga punya kursi, jd makannya sambil diri…eerrgghh,,, en abis itu baru deh kita nongkrong di jalan sambil liat-liat cewe jepang yang keren-keren walau mo didandanin gaya apapun, mulai dari rambut hitam ampe blonde abis, baju minim sampe rok panjang bgt, gayanya tetep asik diliat..

Jalan sedikit dari dotombori, kita bisa ketemu dengan shinsaibashi-suji shopping market dan hozenji alley serta americamura… ke-empat tempat ini masuk dalam minami area, tempat perbelanjaan yg luasnya amit-amit bikin kaki pegel kalo ditelurusin semuanya… hihihihi..oia di area ini saya bisa dapetin free wifi dari fon_free_wifi,, tp klo abis registrasi kita Cuma dikasih free 10 menit online, en selebihnya bisa konek lagi, tp Cuma buat download data, kaya notifikasi fb atau gmail…+ masih bisa pake buat gtalk-an… lumayan lah…. Bisa tetep eksis walau di negeri orang yg jauh disana… hihihihi..

Dotomburi – namba ocat
Jalan kembali ke namba station

Cape jalan-jalan, sayapun memutuskan untuk istirahat aja sambil nunggu bus malem di namba ocat (namba osaka city air terminal), simbol di papan petunjuknya sih berbentuk pesawat terbang, tdnya gw pikir bakal berbentuk airport gitu, eh ga taunya ternyata terminal bus antar kota..hihihi…. disini gw menunggu bus willer untuk menuju ke tokyo,, perjalanannya lumayan lama en berhenti di umeda dulu untuk pindah bus yg sebenarnya (di ocat Cuma shuttle doank), setelah itu dia masih berhenti di beberapa tempat untuk ambil penumpang yg udah reservasi tiket sebelumnya.. harga tiket nya gw beli sebesar 5000 yen, tp karena beli return jadinya 4950 yen… en berhenti di shinjuku pukul 6 pagi.

Tips,, untuk naik bus ini, sebaiknya datang 30 menit lebih awal, karena busnya bener-bener ontime, en pemberitahuannya pake bahasa jepang,,, jd drpd bengong or kelewat bus, mending nanya en diri di deket gatenya ajah… plus bawa tutup mata buat tidur klo ga bisa tidur dalam keadaan terang,,, lampu bus hanya akan dimatikan setelah mengangkut semua penumpang di pemberhentiannya.

total pengeluaran hari pertama :
tiket kansai : 2300
sewa koper
takoyaki : 400
minum : 160
mie : 600
minum : 147
bus willer : 4950
Total : 8957 yen = Rp 1.074.840 (1 yen = 120 rupiah)

13 comments:

  1. Wow infonya jelas banget hebat mbak vira berani naik kereta sendiri saya yg stay di jep oneng bener dah kedeerrrr kalo naik kereta sendiri
    Thanks atas sharing infonya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. oo kamu di sana ya...... memberanikan diri untuk jalan2 sendiri, daripada ga bisa kemana2 en ga liat dunia....:D

      Delete
  2. Sipppp jadi termotivasi sayah thanks ya

    ReplyDelete
  3. Nice info Mbak vira..sya mau k Osaka mei nih..klo dri bandara kansai jalan2 Pake kereta trs?
    ITU Tiket pass kansai bsa dpke naek bis?...rencana nginep d namba bsa kliling osaka gak yah?
    Trs d stasiun bakalan bgung g yah soalny g bsa baca kanji..apalagi klo pas mau turun...jgn2 klwat dri tujuan.... heheheh
    Sya ctet nih pnglaman jalurny..mo jdi ref buat aku

    ReplyDelete
  4. Dear Firdaus,
    kalo tiket kansai pas saya lupa bisa di pakai untuk bis juga atau tidak, karena disana hanya naik keretanya sajah. statiun keretanya dekat ke area2 yang orang pingin dateng kok. cari peta yang ada tulisan english nya ajah, ga akan tersesat kok, saya juga ga bisa bahasa kanji.

    ReplyDelete
  5. Halo Mba Vira thanks info2nya,
    Saya Lia, ke Jepang 14-23 April ini.
    rute kita sama dari Osaka pp, tp mau jalan2 ke Tokyo, jd cocok banget untuk saya ikuti.

    yang masi membingungkan saya, transport dari Kansai Airport ke Namba apa y Mba? soalnya saya nyampe airport jam 23.00, rencana nginap di airport.
    trs tempat penitipan barang di Namba itu detailnya bole Mba?

    thanks before^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi lia,
      Dr kansai ke namba ada kereta airport kok. Coba check dr web kansai airport deh.aku dah lupa.. Hihihi, bisa langsung turun disana en taro koper. Sebetulnya di setiap statiun di jepang banyak loker2 buat taro tas... Tp klp ukuran tasnya gede, cuma ada bbrp biji di setiap stasiun

      Delete
  6. Hallo, informasi nya membantu banget deh...btw, kamu ke Jepangnya sendirian?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Evelyne.... iya, saya kesana nya sendirian... :d

      Delete
  7. Hai kak makasih buat infonya, kak aku mau nanya untuk bus willernya kakak beli tiketny dimana ya? Apa langsung disana atau udah dipesen sebelumnya? Terus maksudnya retur itu gmn ya? Maksaih kak. Aku jg mau ke osaka july nantii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudku return kak, itu bedanya apa sm yg biasa

      Delete
    2. Hai intan..
      Aku belinya dari jakarta by online. Return itu maksudnya kaya beli tiket pulang pergi say.

      Delete