Saturday, June 30, 2012

Japan - Preparation

walaupun booking tiket dari bulan september 2011, tp persiapan saya menuju tokyo ini baru dimulai 2 minggu sebelum berangkat,, hal pertama yg saya lakuin adalah bikin itinerary.. berhubung saya pergi sendiri, jadi itinerary saya bikin sekomplit2nya,, dari bagaimana menuju daerah wisata, sampai jam berapa harus pergi kesana dan kesini,,, :D berikut persiapan lain yg saya lakukan sebelum menulis tentang hari hari saya selama di jepang :

1. check cuaca.... katanya bulan juni akhir itu lagi transisi ke musim panas, jd cuacanya sering ujan gitu...en dari situs prakiraan cuaca sih memang katanya ujan melulu.

2. kostum... yup,, berhubung pergi 8 hari, en males cuci baju, jadilah saya hanya bawa baju yg ringan en enak dipakai plus ga lecek, tapi berhubung cuaca katanya ujan terus, jadi saya bawa 1 cardigan, 2 pasmima

3. uang .... dari jakarta saya sudah siapkan uang yen en dollar, saya sengaja ga bawa rupiah karena takut nilai uang saya jatuh..en emang bener, waktu saya tuker uang, nilai nya jatuh abis..misalanya disini uang 120rb bisa dpt 1000 yen, disana cuma dpt 530 yen, en uang 100 dollar klo di indo itu 950000, disana jadi 920000.... haizz..jadi kayanya mendingan langsung bawa yen deh,,,

4., makan.... kata orang makanan disana susah, jadilah saya sempet bawa 6 bungkus pop mie (bukan iklan) + gula sachet en teh celup untuk dimakan dipagi hari , secara saya juga ga dpt makan dari hostel... ternyata makanan disana cukup gampang nyarinya en ga terlalu mahal...300-500 yen untuk 1x makan..

5. minum.. kata orang (lagi) airputih di jepang bisa diminum, bahkan yg dari keran toilet sekalipun....jd lah saya bawa botol air buat refill en menghemat,, tp pada kenyataannya saya malah beli air minum macem2 dari vending machine,,soalnya minumannya lucu2 sih... jadi selama disana saya ga pernah minum airputih.. :D

6. kit kat greentea...kata orang klo dari jepang wajib beli kitkat green tea en itu ada dimana -mana hmm,, entah saya yg salah cari or gimana, tp selama 6 kota yg saya lewatin, saya cuma ketemu 2 toko tempat jualan kit kat greentea. 1 di ROX, belakang asakusa area, sebelah panchico,satu lagi di kansai airport (kecuali mall, karena saya ga masuk mall sama sekali),,... tp klo kit kat rasa salty,strawberry cheesecake, olong, berry, ice cream, saya nemu di beberapa lawson en sun and 7-11... nah kalo untuk blueberry cheesecake + kobe puding ini ada di kansai airport juga,, deket gate 2.

7. obat-obatan.... ini wajib setiap perjalanan yg saya datengin... mulai dari tolak angin, panadol, vit c, salonpas gel, koyo...semuanya musti ada di tas saya..

8. travel kit kaya bantal leher, tutup mata en selimut tipis... it a must,, apalagi buat 8 jam perjalanan + prang yg ga bisa tidur klo ada cahaya kaya saya... :D

nah..... itu ajah persiapan saya sebelum ke jepang... next is about the trip ya....

No comments:

Post a Comment