Monday, July 9, 2012

Day 5, Kyoto Trip - Japan Trip

Day 5, Kyoto Trip

Kyoto Station - Kiyomizu temple – Gion – Ginkakuji-michi Temple – Nijo Castle – Kinkakuji temple – Ryoanji Temple

Kyoto Station

Kali ini bus willer yang membawa saya ke kyoto tiba lebih awal dari perkiraannya..sekitar 5.40am. tujuan pertama saya adalah kamar mandi,, jadilah saya mengikuti sign di kyoto station untuk menuju ke toilet.. sekedar info ga penting,,, tiap pagi memang banyak banget cewe cewe yg ke rest room , tujuannya bukan ke toilet buat buang hajat, tp buat make-up-an boo…. Kayanya mereka ga sempet dandan di rumah ya,, jadilah kamar mandi station itu menjadi saksi bisu tempat mereka mempercantik diri… :d selesai dandan, saya mencari tempat makan,, cm pilihan pagi itu gak banyak, hanya ada mcd yg penuh sesak sama mini mart…berhubung saya rencananya mo menunggu selama 2 jam, jd saya pilih beli roti dan minum di minimart, en bertanya di petugas shinkansen dimana tempat buat duduk en makan…which is ternyata ga ada sama sekali boo….. tp mereka bilang, saya boleh duduk di pelataran toko sambil makan.,…. Ya udah,,,saya duduk “ngedeprok” di depan mini mart ajah….

Cape duduk di minimart, dan makanan saya sudah habis,,akhirnya saya naik ke lantai 2, duduk di depan tourist information,,,kali-kali ajah mereka mau melayani saya lebih awal ( kaya yg dibukunya claudia kaunang), saya duduk disana hampir 1 jam , tp tetep ajah petugasnya buka jam 8,, ketika sudah ribuan orang lalu lalang di statiun ini sambil melihat saya dengan ibanya…..

Petugas di stasiun ini baik hati sekali,,mereka melayani semua orang dengan sabar en ramah, trus kita juga bisa beli tiket bus one day nya di sana. Oia, sekedar tips dari saya,,,, klo tiket bus one day ini bisa dibeli di deket terminal bus nya lewat vending machine, atau di loket depan vending machine ini (kayanya dia punya peta bus juga) atau sama supir bus nya. Jd ga perlu repot2 ke terminal dulu buat ngebeli.

Oia,,,saat menunggu disini, saya ketemu sama seorang wanita setengah baya + keponakanannya dan seorang wanita lainnya dari mexico…

Selesai bertanya dan membeli tiket, saya pergi ke khaosan kyoto hostel untuk mandi dan memulai journey hari itu… hostel yg saya tempatin ini lokasinya strategis banget, didepan nishi market. Banyak toko2 ternama juga didepan jalan sana. Oia,, mengenai hotel…waktu saya selesai mandi di lantai dasar hostel ini,,saya keluar masih pake plastik yg buat nutupin rambut itu loh,,,trus ada 2 bule cowo yg cute abis yg ngeliatin saya…. Aahhh…ternyata toiletnya campur toh….

Khaosan kyoto – kiyomizu temple
Dari depan halte  shijo kawaramachi naik bus no 207 turn di  kiyomizu- michi.

Dari sini, kita jalan terus….. en belok kanan sebelum gate pertama…. Lalu jalan dan jalan lagi melalui toko toko makanan dan souvenir…. Tp tampaknya saat itu saya salah alamat deh,,,, bukannya ke temple, saya Cuma ke pagodanya ajah…. hihihihi baru nyadar ketika udah balik ke hotel lagi neh… padahal disini kita bisa liat kyoto dari atas temple loh…en udaranya sejuk pula….

Kiyomizu temple – Gion
Naik bus 207 /100/202/206, turun 1 halte dari sini.

Gion ini merupakan tempat terkenal untuk melihat para geisha,,,, sayang sekali saat itu saya hanya berjalan disekitar daerah depan,,tidak sampai masuk ke belakang –belakang. Jadi saya tidak betemu deangan geisha itu…tp saya menemukan sepasang kekasih yang sedang berfoto-foto untuk pernikahan mereka (atau itu ritual nikahnya ya),,,
Katanya sih gion bagus untuk dilihat dimalam hari….saat matahari hendak terbenam….

Gion – Ginkakuji temple
Naik bus no 100 dr Gion

Ginkakuju temple merupakan salah satu world cultural heritage daerah kyoto, dibangun tada taun 1482 oleh Ashikaga Yoshimasa, disini banyak terdapat rumah rumah lama yg taman serta kolam kecil,,,sungguh asri….seandainya saya yg punya rumah disini….pasti betah en ga mo keluar rumah lagi deh, apalagi harus menghadapi macetnya jakarta…

Ginkakuji Temple – Nijo Castle
Naik bus 100 lalu sambung bus no 12 berhenti di halte nijojo mae

Castke ini awalnya dibangun pada taun 1603 sebaagi tempat tinggal tokugawa  shogun pertama.  Juga merupakan conton pertama pada periode edo dan momoyama di jepang.  Sama seperti ginkakuji temple, disini juga ada banyak rumah, halama hijau, serta kolam kolam kecil…asri…indah….. en bersih…. Menyenangkan jalan jalan dan duduk-duduk disekitar castle ini…

Nijo castle – kinkakuji temple
Naik bus no 12

Kinkakuji atau biasa disebut sebagai golden temple,,,tempat ini memang fotogenic buat di foto loh,,, keren abis temple nya…. Tp sayang saat itu lagi rame orang, jadinya saya ga bisa berlama-lama ambil foto di depan temple ini….. akhirnya saya memutuskan untuk terus muter-muter didaerah temple ini…..

Kinkakuji temple – Ryoanji Temple
Jalan kaki 30 menit

Awalnya ini marupakan rumah negara dr klan tokudaiji. Dibangun pada taun 1450 oleh hosokawa katsumoto untuk digunakan sebagai kuil trainingnya zen. Oia,,, dari sini bisa kita bisa nunggu matahari menghilang dibalik danau loh…. It will be very beautifull klo ajah hari itu saya ga perlu buru-buru balik ke hotel

Ryoanji  temple – nishi market
Naik bus no 12 balik ke shijo karasuma

Katanya disini kita bisa melihat makanan dan bahan makanan khas japan,,tp waktu saya kesini,, marketnya udah tutup,,yg ada cuma toko-toko baju, souvenir, dan makanan biasa…jadi saya ga bisa cerita banyak tentang tempat ini

Pengeluaran day 5 :
Yosinoya                              490

Total                                     5421 yen = Rp 650520

1. Halo Vira,

Ngebantu banget nih, cerita2nya plus tips2nya, kebetulan tgl. 7 mo backpacker -ran ke sana nih, oh iya mo' tanya, kalau cara pake Kyoto City bus day pass - nya itu gmana ya..., pas kita pake di bus ke 2 dan seterusnya itu perlu dimasukkan ke mesinnya lagi gak kalau mau turun.

Terima kasih ya... atas pencerahannya

2. Hi cintatita,

alhamdulillah bisa bantu..;) waktu kemarin sih tetep gw masukin ke mesin busnya pas mo turun.. Trus titik2 di kartu belakang jadi nambah, en rasanya puas ajah ngeliatin titik banyak yg berarti udah memaksimalkan pemakaianunlimited card... Hihihihi.. Tp klo cm di tunjukon doank kayanya bisa deh, yg penting tanggalnya sesuai sama hari yg sama.

3. Hi salam kenal,
    mau tanya kalo naik willer express type relax ada bagasi buat koper ngak ya? bisnya ada toiletnya nga?

beli tiketnya saat di Indonesia atau bisa beli disana.

makasih ya sebelumnya.

4. check langsung di websitenya willer aja pak..disana lebih detail. dan untuk tiket enakan beli di indonesia karena suka ada diskon 14 days or 7 days before go. jadi lebih murah