Tuesday, July 10, 2012

Day 6 - Nara trip - Japan


Day 6 – Nara Trip

Statiun Kyoto –  JR Nara Station => Gangoji Temple => Kofukuji Temple => Todaiji Temple => Kasuga Taisha Shrine



Kyoto Station 


Lagi asik nungguin kereta, tiba-tiba ada nenek-nenek yang nanya sama gw “ excuse me,,, is this line for non reserve seat?”…. berhubung ga gitu yakin gw jawab ajah… “hmm..i’m also not so sure,,, but my ticket is JR train,,and it’s don’t have reserve and non reserve tick, how abou u”..dia pun memperlihatkan tiket yang sama dengan gw…. so gw bilang lagi “nah, it’s same with me…. we can wait for train and see that later”….. en kata-kata penghantar itu akhirya bikin gw kenalan sama dia en temen-temennya… mereka merupakan 2 pasang kakek dan nenek yang berusia sekitar 65-79 taun dari mexico, illinois.mereka abis dari seminar di kampus (lupa nama daerahnya), trus keliling niko en sekarang pingin coba ke nara,, karena kata temennya Nara ini must place to visit. En kata-kata awal itu juga yng akhirnya bikin saya tour bareng sama mereka sepanjang perjalanan di nara ditambah bertemu dengan free guide local, katanya sudah menjadi volunteer guide selama 20 tahun…… dan dia sangat menyukai pekerjaannya itu…..


Nara Station

Sesampainya saya di Nara, saya dan teman-teman baru mencari tourist information dan bertanya bagaimana kita bisa berkeliling nara,,, dia bilang nara itu mudah banget dikelilingin dengan jalan kaki, walaupun pake bus juga bisa. Jdnya ga perlu beli tiket one day pass. Dia juga menyarankan untuk memakai jasa free english guidenya, yg sudah menunggu di tourist centre deket kufokuji temple.  Jadilah kita ber5 menuju tempat itu.







Nara,,,walaupun kota kecil tp sudah siap banget buat jadi kota tourist…. Disetiap jalan ada peta dan sign mo pergi ke daerah mana,, peta yg diberikan oleh tourist information centre pun cukup banget buat jadi panduan ketika kita jalan-jalan di Nara. Trus ga jauh sebelum todaiji temple, ada tourist information center yg gabung sama museum yg menyediakan free olong and ocha (cold and hot), ditambah lagi ada bangku untuk simulasi gempa yg pernah terjadi di jepang. Dan jika kita naik ke 2nd floor kita bisa liat gatenya todaiji temple loh… (sepertinya klo ada kursi + snack and tea anget bakal lebih enak deh)


Todaiji temple

Disini merupakan tempat patung budha terbesar yg ada di jepang…klo ga salah telapak tangannya aja bisa menampung 17 orang asia untuk berdiri disana, atau 13 orang eropa……(WHAAATTT????)  dikelilingin sama dewa penjaga juga……dan uniknya…. Lantai dibagian luar itu dikirim dari tempat yg berbeda loh….. saya lupa antara dari china, india dan jepang atau korea, india dan jepang…… tp pengiriman ubinnya itupun memiliki arti sendiri loh… (haduh,,lupa artinyaaa)…..

Pengeluaran day 6 
Tiket bus                             : 220
Tiket JR to nara                : 690
Entrance todaiji                : 500
Makan siang                      : 700
Tiket jr to kyoto                : 690
Tiket bus                             : 220
Penginapan                        : 2000
Makan malem                   : 510

Total                                     : 5530 yen = Rp 663.600,-

4 comments:

  1. Terus lo naik ke tangan patung Budha-nya nggak boo? Mau liat fotonya dong ;)

    ReplyDelete
  2. mana bolehhhh...itu pas kalo mereka lagi bersiin patung budhanya boo.... setaun cuma sekali, pas festival apa gitu....*lupa ingatan*

    ReplyDelete
  3. hai mbak,

    saya mau ke Jepang bulan mei 2014, kalau hostel di Tokyo, Osaka dan Kyoto yg murah dimana ya? Saya sama 2 temen mo backpacker, rencananya cari yg murah tp sepadan sih.

    thnx ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu itu saya nginepnya di tokyo di kaoshan tokyo samurai dan untuk yang di osaka nginep di shin osaka area (lupa nama penginapannya), kyoto di kaoshan kyoto... saat itu seh hotelnya oke oke ajah. untuk hotel lainnya saya kurang tau say,karena baru 1x pergi ke jepang

      Delete