Tuesday, December 13, 2011

Medan trip, 9-12 Desember 2011

Perjalanan kali ini sebetulnya tidak disengaja. awalnya ada tugas dari kantor di hari kamis - jumat ke kota medan, jadi kepikiran untuk extend di hari sabtu & minggu sekalian liat2 keluarga dan danau toba yang terkenal itu. jadilah saya booking-booking hotel dan transport untuk kesana. tp karena satu dan lain hal, tugas kantor dibatalkan tapi saya tetap pergi kesana sendiri.

ada 1 hal yang saya sayangkan ketika saya pergi sendirian ke kota yang susah transport, sehingga mo ga mau harus pesen taksi atau rental mobil... (kenapa bukan motor?? karena saya gak bisa naik motor). walhasil, perjalan kali ini ga bisa dianggap backpack ya...kecuali bawaan saya memang cuma tas backpack...hihihihihi.....

ok,,,,mari kita mulai ceritanya....

beberapa hari sebelum pergi ke medan, saya sedikit survey2 tempat wisata disana dan mencari rental yang mobil yang paling murah...dan akhirnya ketemu lah saya dengan sebuah rental mobil (ada websitenya di google), dia kasih harga 850rb all in (kecuali 40rb untuk menginap supir), semetara yang lain kasih saya 1,2 - 1,4 juta... beda banget kan boo.... sempet curiga sih,pa lagi di hari2 terakhir orangnya susah di hubungi..tp berhubung hemat budget,,ya sudah lah saya ambil...

9 Desember...
Sampailah saya di bandara international polonia,,keluar dari sana,,, saya liat ada counter untuk taksi bandara,dan saya pesan 1 taksi untuk ke my dream hotel / swiss belinn di jln surabaya (jgn ketuker dengan grand swissbell ya), untuk perjalanan sekitar 15 menit ini, saya harus membayar sebesar 50rb (padahal klo disemarang cuma 35 rb en di surabaya yang menempuh waktu 1 jam cuma 60rb).. saya sampai di hotel sekitar pukul 6 sore,,dan setelah beristirahat sebentar, saya pun mulai menjelajah jln surabaya... jalan ini banyak sekali toko jam dan peralatan elektronik, tp mereka semua tutup sekitar pukul 7 malam... yang ramai disana hanyalah pusat jajanan yg berada persis di belakang hotel saya. banyak pilihan makanan disini, mulai dari bakpao, bakmi,bubur, nasi hainan, sampai babi goreng...  saya hanya mencicipi bubur dan jeruk hangat di belakang sini.... (rekomen untuk jeruknya...rasa asamnya mantap)dan ketika saya jalan ke belakang lagi, saya menemukan hotel soechi disana.... lumaan besar...
saya kembali ke hotel sekitar pukul 10 malam.,,,,dan bersiap untuk perjalanan jauh esok pagi..

10 Desember..
jam 8 pagi saya turun ke bawah untuk sarapan..ternyata makananya sudah habis (sedang menunggu refill) yang tersisa cuma roti dan buah serta minuman..walhasil saya menunggu lama untuk mendapatkan porsi sarapan yang sebenarnya (sayang boo bayar 30rb cuma buat makan roti)...dan jam 9 baru berangkat menuju danau toba...

pemberhentian pertama adalah mesjid raya al mashun, dekat dengan istana maimun.. masuk disini, wanita diwajibkan memakai celana /rok panjang serta penutup kepala..karena settingan saya saat itu hendak ke danau, saya akhirnya meminjam sarung dan kerudung dari penunggu mesjid.

Mesjid ini cukup besar dan sangat indah... dibangun dengan gaya rococo (enta apa lah itu),oia didalam mesjid sudah menunggu bapak-bapak untuk memberikan penjelasan mengenai mesjid ini.

Setelah puas foto kanan kiri, saya pun pergi ke istana maimun, sama seperti mesjid raya, rancangan bangunan ini sangat indah..tp entah kenapa saya masih lebih suka rumah adat di belitung...
Perjalanan pun dilanjutkan...kami melewati tanjung merowa, tebing tinggi dan pemantang siantar... sungguh disayangkan kami gak berhenti dimana2, cuma mampir untuk makan siang,,,dikarenakan kita mo mengejar kapal yang jam 2.30...ternyata sampai di dermaga pun kapal sudah meninggalkan kita.terpaksa harus manyun sendirian di sebuah toko kecil sambil menunggu kapal berikutnya di jam 5.45.. dan tentu saja mengakibatkan keterlambatan sampai di pulau samorir, dan tak bisa berkeliling lagi...
mobil mobil di perahu
oia... dalam perjalanan menuju hotel, sopir saya bilang klo hotel yang saya akan tempati itu aga serem,,,, jadi akhirnya saya pindah ke samosir villa resort...dan puas sekali tinggal disini... (walaupun saya cuma dateng malem, dan jam 7 pgi sudah jalan lagi...sarapan pun ga sempet)...buat yg punya budget lebih..saya rekomendasiin untuk tinggal disini...

11 Desember 2011...
rumah adat dibatu persidangan

Di awal blog sudah sempat saya ceritakan tentang rental mobil kan...nah ini bagian serunya..ternyata yg mpunya rental itu kaka iparnya si supir ini, en si supir ini punya rental mobil juga, awalnya dia mo kasih drivernya untuk antar saya...tp karena pas wiken dia bilang ya sekalian aja dia yg nyupir,,biar sekalian JALAN JALAN....(see..betapa ga profesionalnya)...en dia bilang klo ini pertama kalinya dia muter2 samosir (ada beberapa tempat yang dia ga tau)..
berhubung saya juga ga tau arah tempat yang saya datangin itu kemana aja, jd saya pasrah dibawa kemana aja.... so ini lah route ngaco yang saya ambil..

rumah adat di batu persidangan
07.00 => menuju batu persidangan.... yang arahnya 20 menit dari penginapan saya..... disini ada penunggu yang menerangkan saya tentang batu persidangan ini.... dia menerangkan istilah2 dari raja dan sejarah batu persidangan tersebut..which is i dont remember anymore..hahahaha....
lg jelasin buku mantra

08.00-09.00 => ke arah balik, menuju ke atas tomok..mencari air terjun  (yg ga menarik sama sekali... kemudian melihat batu bernapas, yng konon klo pagi itu menghirup udara, tp sore membuang udara..dan semakin kencang suara napasnya, berarti pertanda akan hujan..

batu persidangan
09.00-10.00 => balik lagi ke arah batu persidangan untuk melihat rumah adat dan tarian sigale gale... yg ternyata baru mulai perform sekitar jam 11.45..

12.00- 12.30 => ke tomok untuk nyebrang ke ajibata...and ternyata perahu sudah penuh,,, harus menunggu kapal berikutnya.

batu berbisik
12.30 -1.00 => balik ke arah rumah adat (beberapa meter sebelumnya), pelabuhan lain yg juga bisa mengangkut mobil)

jalur ini sungguh bolak balik en menghabis kan waktu + ga effisien untuk liat objek wisata lainnya..padahal di kiri kanan ada tempat bagus untuk di foto..dan ada pula bukit doa yang belum sempat dikunjungi....

boneka sigale gale
1.30 - 2.00 => menyebrang balik
sampai di pelabuhan..saya minta pakai jalur arah berastagi (sebelumnya sudah konfirm)...en kata driver,,,jalur sana jauh..butuh waktu 6-7 jam... sementara kita harus balik ke medan secepatnya...(wtf...saya yng sewa,,saya yang diatur.... tp daripada ribut en ditinggal dijalan...saya diem aja lah....secara sendirian gini...)
2.00 - 20.00 => sampai di  medan city
20.00- 21.00 => nyari toko kue meranti (which is lagi dia ga tau lokasinya, en sempet muter2... + balik ke hotel di jw marriot
makam raja
21.00 => beberes dan dinner di belakang hotel...ayam penyet apa gitu..lupa namnya..
22.00 - .... => tidur..kecapean boo

12 Dec 2011..

Leyeh2 di hotel berbintang 5...kapan lagi boooo..... mpe hampir ketinggalan pesawat.... thanks God hari itu ada pak supir taksi express yang baik hati mo ngebut en lewat jalur tikus...tp kali ini saya kena bayaran 60rb...:(

sekian cerita dari medan.....

notes :
- klo kesana hendak sewa mobil..pastikan klo mereka rental profesional en tau arah
- jadwal keberangkatan dari ajibata-tomok pakai perahu pengangkut mobil cuma 5x sehari..en pastikan datang disana 1 jam sebelum jadwal kapan berangkat...harga tiket mobil avanza 95rb, orang nya gak di itung.
- jadwal keberangkatan dari tomok ke ajibata pun sama 5x dalam sehari... pastiin bener2 jadwalnya ya.... (catatannya lupa dimana)

tarian si gale gale

1. wuiiih seru banget... ditunggu cerita belitung trip nya hahahaa...

2. wuihh mantep vir....
    tripping terus...eh maksednya jalan-jalan terus..hahaha...