Thursday, September 22, 2011

Pesiapan sebelum jalan-jalan tanpa tour






pastinya kebanyakan orang sudah tau klo mo jalan jalan harus di rencanakan terlebih dahulu, mulai dari tanggal perjalanan, berapa lama, pake airlines apa, nginap dimana dll dll.. berikut saya jelaskan beberapa hal yang perlu diperhatikan...



Sebelum keberangkatan :



- Tanggal Liburan... pasti tau doank peak season dan low season... nah ketike mo liburan sebaiknya mempertimbangkan juga musim musim itu.... ketika pilih perjalanan di musim padat/liburan, pastinya hotel dan tiket pesawat lebih mahal..dan juga akan banyak orang yang berlibur ke tempat yang sama..tp pada saat peak season biasanya banyak event yang di selenggarakan,,,contoh singapore great sales, songkrang festival, cherry blossom...pastikan juga mau berangkat hari dan pulangnya kapan..tiket pesawat pada hari jumat, sabtu minggu dan senin lebih mahal daripada hari selasa, rabu dan kamis...



- Tiket..setelah dapat tanggal, coba check pesawatnya...lihat ada berapa airlines yg terbang kesana dan mana yg lebih murah (jika cari harga) atau yg lebih nyaman waktu keberangkatan.. saya biasanya cari tiket berangkat yg paling pagi, dan pulang paling malam..karena saya ga mo rugi di hotel.. klo sampe di tempat tujuan malam hari,berarti saya harus merogoh kocek lebih dalam untuk penginapan, so lebih baik berangkat pagi, dan jika belum diijinkan check in, titip saja barang2 yang bisa dititip, dan bawa tas kecil untuk berkeliling.. oia..klo mo cari tiket murah, ya harus rajin2 liat website penerbangan/ promo promo dari third party (kartu kredit/website diskon)



-Penginapan...penginapan pun harus dicari dari jauh2 hari (pantau harganya selalu).pilih juga yg sesuai budget, mo bintang 5 atau kelas backpacker, saya termasuk orang yg susah tidur klo terang dan berisik, makanya saya selalu pilih hotel yg sekamar ber 2/3 dan itupun private, jadi saya spend sedikit lebih mahal agar saya bisa istirahat dengan tenang, dan liburan menyenangkan... jgn sampai karena ingin irit lalu memilih hotel yg paling murah, tau2nya gak bisa istirahat gegara berisik atau banyak kutu kasurnya / posisinya jauh dari mana2...



-dokumen yg harus dibawa....pastikan anda membawa semua dokument yg diperlukan..KTP untuk penerbangan local, Passport untuk international, dan Visa untuk yg pergi ke negara yg membutuhkan (visa).. tentu saja tiket dan voucher hotel yg sudah di booking.



- Itinerary.. browsing dan cari tau tempat yg mau dikunjungi, buat itineraty yang nyaman dan sesuai dengan budget anda...pastikan anda benar2 memanfaatkan waktu liburan dengan perjalanan yang menyenangkan.



Keberangkatan:



- Barang bawaan..pilih baju yang nyaman en cocok untuk tempat liburan, bawa secukupnya saja.alat mandi perlu dibawa jika anda tdk cocok dengan sabun hotel, obat-obatan pribadi,serta vit C / pain killer. biasanya saya tiap malam barus kaki,paha dan punggung dengan salonpas gel/counterpain + minum tolak angin jika memang pada hari itu berjalan terlalu jauh/lama.


- chek jam keberangkatan pesawat..jika penerbangan domestik, pastikan datang paling lambat 1 jam sebelum boarding, dan untuk luar negeri pastikan 2 jam sebelum berangkat, dan lebih baik melewati imigrasi terlebih dahulu dan liat2 didalam bandara daripada menunggu diluar..karena terkadang antrian imigrasi panjang dan lama.


- transport menuju hotel... apakah anda ingin dijemput, atau naik bus, atau naik taksi...


semoga tips diatas dapat bermanfaat untuk membantu anda berlibur..











No comments:

Post a Comment