Thursday, November 13, 2014

[Itinerary] Europe Trip - Paris Day 1

Airport RER B

Paris Charles De Gaulle Airport
Setelah 19 jam penerbangan dengan 1 kali transit di Doha, saya akhirnya mendarat di Paris Charles De Gaulle Airport sekitar jam 9 pagi. Disini saya harus pindah ke terminal 3 untuk naik kereta RER B ke city centralnya. Untuk guide lebih lengkapnya bisa di check di link ini (http://parisbytrain.com/charles-de-gaulle-airport-cdg-to-paris-by-train/). Metro di paris rata-rata pakai tangga, jadi dengan tentengan 8 kg di koper dan 7 kg di tas,beban saya pagi itu serasa beraaaaaattttt banget. Belom lagi saat pindah di metro ch
Ticket RER + metro to Paris City
atelet des hales.. ammmmpuuuunnnnn.. mau nangis rasanya nenteng koper naik turun tangga. Sebetulnya sih ada bbrp orang yang bantu angkatin, tp karena saya orangnya curigaan, jadi saya menolak untuk mereka membantu (takut kopernya dibawa kabur, takut dipalak dimintain duit en takut diajak kenalan…hahah,, kalo yang terakhir sih lebay ya). Untuk beli tiket RER ini kita perlu coin or card, karena saya ga punya dua-duanya, jadi saya mengantri di loket pembelian tiket.

AIJ Hostel
Hostel ini saya temukan setelah searching di blog-blog orang. Berada dekat dengan metro Lerdu Rollin (metro line 8) dan booking dari agoda.com, dan banyak tempat belanja juga disekitarnya menjadikan satu keuntungan buat hostel ini. Saya pesen sharing room untuk cewe ber 3 orang dengan harga 23 euro / malam sudah termasuk sarapan pagi. Ketika saya kembali ke hotel malam hari, saya melihat rombongan anak – anak smp-sma yang sedang check in disini. Sayangnya, hostel ini ga punya lift, jadi saya harus naik 4 lantai dengan tangga untuk mencapai kamar saya.

City  Tour
Kebetulan dosen saya punya keponakan yang warga Negara perancis, jadi hari ini saya diajak dia keliling paris. Dari hostel saya jalan ke arah metro lerdu rollin dan terus jalan sampai –sampai di daerah saint paul, disana saya sewa sepeda dan diajak muter –muter (entah kedaerah mana saja) untuk menjelajah paris dari sisi old town nya. Buat saya yang ga biasa naik sepeda di jalan raya, rasanya itu deg-degan sekali. Saya sempet hampir ketabrak mobil pula… hihihihi…kappppoooookkkkkkk.
sepeda yang bikin saya hampir ditabrak mobil

kunci - kunci.... yang mana kunci mu

patung di taman setelah musee de louvre

Selesai muter –muter naik sepeda di daerah saint paul. Saya jalan kaki menuju ke lourve, turun ke bawah ke bantaran sungainya dan terus terus terus jalan sampai ke Eiffel.  Sumpah ya, ini jalannya jauh banget..:(

oia... waktu jalan dari louvre to eiffel, temen saya disamperin tukang tipu,, jadi ceritanya ada bapak2 yang jalan berlawanan arah dengan kita,, sekitar 2 meteran, dia nunduk kebawah en nemuin cincin. terus dia samperin temen saya  en bilang kalo dia nemuin cincin itu, harga nya mahal dll dll.... singkat cerita dia mo kasih cincin itu ke temen saya asalkan dia mo kasih duit berapa aja ke si bapak itu... well.... it's penipuan sih intinya.... setelah selesai (temen saya ga mau ambil cincinnya), temen saya bilang, "becareful of your belongin if someone do that to you! since, maybe they are no alone. one can distract you attention, and one will grab your money or things".. hehehe.. SIAAAAPPPPP..
Di Eiffel saya naik sampai dengan lantai ke 2 nya, karena loket tiket lantai 3 nya sudah tutup… finally… impian saya buat liat Eiffel sudah jadi kenyataan…Alhamdulillah.
sedikit lagi menuju impian

eiffel..... #editedPic

Peoples #EditedPic

Eiffel #editedPic

Dark

Back To Hostel
 Cuma ada 1 kata setelah jalan kurang lebih 10 km seharian : CAPEK. Udah ga ada energy lagi buat ngapa2in, rencanaya cuma mo ke hotel en tidur. tapi…. Ga segitu gampangnya untuk langsung tidur.
1.    Ketika sampe lantai 4, saya baru sadar kalo perlengkapan mandi dll ada di luggage room lantai dasar… so saya harus turun lagi.
2.    saat saya ambil barang2 saya di lantai 1, pegawai hostelnya ajak saya ngobrol dengan polosnya saya minta ijin mandi dulu baru nanti turun ke bawah lagi.
3.    Lampu kamar mandi sudah mati sodara sodara… jadilah saya ga bisa mandi (Cuma lap pake tisu basah ajah,,,, padahal kemarinnya saya juga ga mandi karena ada di pesawat selama 19 jam)
4.    Saya turun lagi ke bawah selama 30 menit-1 jam untuk ngobrol2 sama pegawai hostelnya,ada percakapan lucu disini.
Him : sudah pernah dengerin lagu perancis ?
Me : belum pernah
Him : mau denger ga?
Me : boleh, tp ga mau kalo keluar saya cape banget
Him : yuk denger di atas
( no clue diatas ada apa) dia jalan ke atas en tiba2 kita sampe ke kamar si pegawai.
Him : (setel lagu) ini lagu terkenal disini..
Me : (Deg2an) oh.. bagus… (sok cool selama 3 lagu, kemudian ijin balik ke kamar) saya ke kamar dulu ya, mau ngobrol2 sama temen sekamar yang mo ke versilles besok
Him : oh ok,, tapi nanti kalo dia udah tidur kamu tidur disini aja ya?
Me : no thanks (buru-buru balik ke kamar).
5.    Selesai ngobrol, saya naik lagi ke lantai 4 dan siap2 buat tidur…… eeeehhh… ehhhhh…. Ternyata roommate saya berasal dari negara yang sama ,,, jadilah mereka sibuk ngobrol sampe malem. Susah tidur deh saya…..

Biaya hari pertama (euro) :

RER : 9,75

Tiket Metro : 13,7 untuk 10 tiket (tapi saya Cuma pake 1 di hari pertama)

Minum : 1

Makan siang : 6

Tiket Eiffel : 5 x 2 orang

Makan malem : 10 euro

Souvenir : 12 euro ( beli tempelan kulkas + potong kuku yang rata2 3 euro/ pieces)

Penginapan : 23 euro (bayar ketika booking)

Total : 85.4 euro

noted : rincian biaya yang saya buat disini sekedar untuk referensi biaya- biaya selama di eropa, kebutuhan perorang berbeda-beda ya.. :)