Tuesday, November 25, 2014

[itinerary ] europe trip - day 6 : Rome

Plus Florence Hostel – Firenze SM Station
Karena sudah pesen tiket jam 6.20 untuk menuju rome, akhirnya pagi-pagi bener saya sudah siap-siap dari hotel. Gerimis sudah menguyur jalanan pagi ini, dan diluar cuaca masih gelap. Sepanjang jalan saya melihat banyak orang-orang yang tidur di jalan. Padahal saat ini cuaca kurang lebih 5 derajat celcius loh.
Di stasiun, saya pergi ke mcd untuk memesan crosaint dan tea untuk menghangatkan badan, sambil menunggu pengumuman kereta ke rome. Kali ini saya dapat kereta kelas 1, jadi saya duduk di bangku yang sendiri dan cukup besar.

Termini Station – The Yellow Hostel
Dari termini station ke yellow hostel ini caranya gampang banget, ga pake nyasar kali ini..hehehe.. just follow the instruction that they give in the hostel information. The Yellow ini punya 2 bangunan, yang pertama untuk reservation dan untuk lounge nya,, kemudian di gedung sebrang baru untuk kamar tidurnya. Saya dapet di lantai dua dengan isi 4 orang sekamar. Kamarnya kecil dan sempit, susah gerak, apalagi kalo dapat kasur yang dibawah.. mo berdiri pun susah. Disini saya cuma drop tas dan kemudian pergi keluar untuk muter-muter kota

The Yellow Hostel – Vatican city.

Karena masih pagi, dan berharap pergi ke banyak tempat, jadilah saya beli tiket metro yang unlimited 1 hari seharga 6 euro.. padahal saya Cuma pake 2 kali saya, dari termini ke vatican dan dari trevi fountain ke hotel. Dari petunjuk yang saya dapatkan, untuk menuju ke Vatican city bisa berhenti di cipro- musei vaticani, tapi ketika saya turun disana, ternyata jalannya lumayan jauh, dan orang-orang kebanyakan turun dari oraviano-san pietro.  Vatican ini besar sekali, saya muter kanan kiri,depan belakang, jalan berjam-jam sampe pegel juga masih aja belom kelar liat semuanya. Dan yang saya bangga, dilantai bawah ada loh museum tentang Indonesia… hampir aja saya bilang kalo saya orang Indonesia, en klo mo tanya –tanya bisa tanya langsung ke saya sama tamu-tamu disana (sombong..hahahaha).. tp berhubung pengetahuan tentang Indonesia masih cetek, jadinya saya mengurungkan niat itu.. takut malah jadinya malu-maluin Indonesia… :d
Selain museum Vatican juga puny ataman dan Sistine chapel. Tiket yang kita beli udah include untuk 2 tempat tersebut.

vatican museum
borobudur di vatican museum

Vatican Museum – St. Peter’s Basilica
Jalan ke belakang, kita bisa menemukan st. peter’s basilica dan st.peter’s square. Tempatnya luas dan bagus. Tapi antriannya ga kuattttttttt…. Bisa 1 jam sendiri untuk ngantri masuk ke st. peter’s basilica ini loh (apa karena gratis juga ya?). pas saya antri, dibelakang saya ada pasangan yang lagi honeymoon berantem gara-gara si cewe berfikir mereka buang-buang waktu ngantri sepanjang itu, tapi si cowo bilang antriannya worth it buat liat dalemnya kok. Jadi selama 1 jam saya ngantri, saya terus dan terus dan terus dengerin mereka berantem en yang bikin saya suka, si cowo bilang gini “honey.. listen to me.. I almost cant handle it,don’t make me angry please… kiss me please.. kiss me now” en si cewe nurut but nyium, tp abis itu nyerocos marah-marah lagi…

Lalu, ketika saya sudah hampir sampai ujung antrian, ada keluarga yang di maki-maki sama tour guidenya karena nyerobot antrian..hahaha… drammmaaaa…..

Castel sant’angelo – piazza navona – panteon – trevi fountain

rute perjalanan sore hari
 Dari st.peter’s basilica kita bisa jalan kaki ke castel sant’angelo. Disini merupakan bekas penjara pada jaman dahulu kala,,, dan kalo kita jalan terus nyebrangi jembatan, nanti akan ketemu piazza navona kemudian panteon dan trevi fountain. Namun sayang trevi fountainnya sedang dalam perbaikan, jadinya ga bisa lempar koin,, tp semoga saya tetap bisa kesana lagi