Wednesday, November 26, 2014

[itinerary] europe trip -day 7 : Tivoli

The Yellow – Tivoli

taman didepan villa d'este
Untuk menuju Tivoli, saya naik kereta ke  ponte mammolo metro, dan pergi ke bawah untuk beli tiket bus. Tiket untuk ke tivolinya bisa di beli di lantai bawah di kios rokok.  Perjalanan menuju Tivoli kurang lebih 30 menit. Berhubung kepedean, saya ga tanya-tanya bakal turun dimana (saya pikir terminal terakhir itu = tujuan saya). Tapi ketika saya melihat petunjuk jalan semakin menjauh dari tujuan, akhirnya saya tanya sama supirnya, dah viollaa…villa d’este sudah terlewatkan… hehehehe..

Villa d’este

Tempatnya lumayan gede walau ga segede Versailles. Bangunannya rada tua dan bau lumut. Tp tempat ini salah satu pilihan buat yang bosen sama hiruk pikuknya roma. Kebetulan ketika saya kesana, tempat ini ga terlalu banyak pengunjung dan pengunjung yang datang kebanyakan lansia. Waktu lagi makan roti, tiba-tiba ada seorang cowo muda dari yunani yang minta dipotoin.

pintu villa d'este

view from the top

view from the top, sisi yang lan

Villa gregoriana

Selesai keliling villa d’este saya pergi ke villa gregoriana, sepanjang perjalanan ke villa gregoriana, saya menemukan pasar rakyatnya. Kalo villa de’este sepi pengunjung, di villa gregoriana ini lebih sepi… super sepi malahan.. selama 1 jam jalan dan duduk-duduk disini, saya Cuma ketemu sama 4 orang pengunjung yaitu 1 pasang pasangan lansia dan orang yang minta saya fotoin di villa d’este + temen nya. Ga ada lagi siapa-siapa selain mereka. Mana villa gregoriana ini bentuknya lembah dan air terjun serta hutan, yang bikin saya deg-degan sepanjang jalan.
outdoor resto

flower from the market

buahnya gede en seger-seger

orang itali katanya romantis-romantis, makanya suka banyak yg jualan bunga

Sebetulnya masih ada 1 villa lagi di Tivoli, namanya villa Alexandria, en katanya sih lebih bagus daripada d’este. Tp kita harus ambil bus localnya Tivoli untuk menuju tempat ini, jangan kwatir salah bus, karena akan ada tulisannya di jendela bus. Naik busnya bisa dari depan tamannya villa d’este.
pintu masuk / keluarnya villa grogeriana

air terjun nya.

Villa d’este – Spanish Step

Dengan mengunakan bus yang sma ketika berangkat ke Tivoli, saya bergerak pulang ke rome. Karena hari masih sore akhirnya saya berhenti spagna metro station untuk melihat Spanish step yang terkenal itu. tapi kembali lagi saya kecewa karena Spanish step ini penuh banget sama  orang- orang, sampe sampe ga bisa dapetin foto yang bagus. Akhirnya saya Cuma jalan jalan di sepanjang lorong dan melihat toko-toko seperti zara, h&m, sephora dan berbagai branded store disana. Ga lama berjalan saya tiba di piazza del popolo. Dari sini saya naik ke atas jalanan untuk memotret sunset, tp kalo mo dapetin view yang lebih bagus bisa naik ke piazza de bucrest.
spanish step

shopping time

senja di piazza del popolo