Tuesday, September 4, 2012

vietnam trip 25-28 agustus 2012

Perjalanan ke ho chi minh ini sebetulnya antara niat ga niat,,, niatnya karena sudah ada tiket di tanggan, ga niatnya karena mendengar banyak kejahatan en berita ga enak disana….rasanya capek banget klo musti mikirin backpackeran,,cari ini en cari itu sendiri..jadilah saat itu saya en teman memutuskan untuk memakai jasa sinh toursist selama 3 hari saya berada disana…..
Waktu itu paket yang diberikan adalah sebagai berikut :
-          2 hari 1 malam di mui ne, include 4 kali makan, transport, tour di mui ne, menginap di mui ne resort 1 malam
-          ½ day chu chi tunnel + ½ day ho chi minh city…
Harga paket yang saya harus bayar adalah 70 usd perorang. Bagi saya cukup memuaskan daripada saya pusing2 naik bus, sewa sepeda or motor (ga bisa naik motor juga)… lanjut cerita selama saya berada di vietnam :

Sabtu, 25 Agustus 2012,
Pesawat airasia sampai di bandara ho chi minh sekitar pukul 7.40…dan disana, saya mencari counter yng menjual voucher taksi vinasun (sebelumnya saya pernah dengar kalo banyak scam taksi di airport, jadi daripada saya dibawa muter2 lebih baik bayar sedikit lebih mahal tp langsung tepat tujuan), posisinya berada di sebelah kiri pintu keluar bandara internasional. Oia, untuk money changer,,,di bandara harganya lebih ok daripada di kota,, jadi mending cari harga tukar yg paling bagus disini.. :d
Perjalanan sekitar 30 menit ini membuat saya sedikit tercengang,, saigon city ini punya banyak taman taman besar, ada taman bermain anak dan ada juga alat fitness yang bisa dipakai semua..en all for free…. Kerreeeeeennnnn…
Hotel pertama saya adalah di vien dong hotel, district 1, lokasinya dkt dengan tour travel, bar, tempat makan..en perlu jalan kaki ke arah ben tanh market sekitar 10 menit.. walaupun sampe hotel sekitar jam 8 lewat, tp kaki saya tetep narsis buat minta diajak menjelajah pasar malam.. :D oia, karena setir mobil berada di sebelah kiri, jadi posisi liat-liat buat menyebrang suka kebalik2 en bikin saya keki kalo pas nyebrang,,tp selama disana saya tidak merasakan kesulitan dengan motor2,, ga ada klakson sama sekali..mereka malah yang menghindarin saya ketika saya menyebrang.

Pasar malam yang ada di sekitar bentanh market ini menjual souvenir, tas, baju, makanan dll.. harganya lumayan murah… 1 tempelan kulkas kecil itu seharga 7000 dong atau sekitar 3500 rupiah. Tips buat belanja disini adalah tawar harga sebesar 30% dari harga yang ditawar,,, en naik dikit2 sampai 50%. Dan kalo udah deal harga, jangan sampe ga jadi beli..karena penjualnya ga sungkan untuk mukul anda dengan barang dagangannya… :P

Minggu, 26 agustus 2012,

Perjalanan dimulai dari pukul 7.30 pagi dari depan sinh tourist office… waktu perjalanan ke mue ni adalah 5 jam dengan jarak tempuh 200 km.. sepanjang perjalanan ga habis-habisnya saya bertanya2 dalam hati,,, apakah saya boleh gantiin supirnya nginjek gas,,, secara jalanan didepan kosong, tp bus jalan dengan santainya….. seakan kita disuruh menikmati permandangan sekitar yang ga lain ga bukan hanya ada lapangan luas atau pabrik alat berat…..

Sekitar pukul 12 saya sampai di mue ni resort,,, it’s a nice place without a nice beach… pantainya kotor,, air lautnya coklat…..tp overall resort ini cukup bagus untuk menikmati suara ombak en angin pantai…. I love it so much……. Dan juga makanannya cukup menarik walaupun ga terlalu cocok sama lidah saya.

Jam 2.30 kami kembali melanjutkan perjalananan… tujuan pertama adalah kampung nelayan,,, tp sayangnya sore itu ga ada nelayan yang beraktifitas,,jd kita ga bisa liat apa2 selain sampah dan perahu yang tertata rapi di pantai. Lanjut kami menuju white sand dunes,,, tempat wisata terkenal di daerah mue ni… en saya terkejut dengan adanya hamparan pasir putih menyerupai gurun sahara…it’s so amazing…… disini kita bisa jalan kaki ke atas gurun atau naik motor 100 cc dengan harga 200.000 dong selama 20 menit. Oia,,, angin kencang yang menerpa ini bikin sakit badan bangggggeettttttt……..rasanya kaya lagi akupuntur jarum…

Puasa pose2 narsis disini, kami diantar ke red sand dunes,hamparan pasir merah di depan pantai… banyak anak-anak kecil yang menawarkan papan untuk seluncuran,,,

Selesai disana kami kembali ke hotel….. dan berhubung mue ni resort jauh dari peradaban,,, jadi kami ga kemana-mana selain menikmati kolam renang hotel dan makan malam…

Senin 27 Agustus 2012

Berhubung jam bebas,,, maka pagi ini saya memilih untuk leyeh leyeh di spa depan resort,,, saat itu ada pilihan spa spanish atau spa vietnam,,en katanya spa spanish lebih keras,,, jadilah saya memilih yang spa spanish + aloe vera…. Ruang lulurnya cukup untuk ber2 dan dilengkapi kaca besar transparan berpemandangan taman… katanya sih ga ada yng bisa akses kesana,,tp 5 menit saya disana tiba2 ada bapak2 yang mondar mandir didepan kaca situ…..hadeeeeehhhhhhh…..

Proses pertama adalah scrub,,,,, badan saya diolesih scrub kasar dan di gosok secara kasaaaarrr banget,,,saya sampe mo nangis ngerasain nya,,, selesai itu saya di pijet (kasar juga),,,, dan terakhir di olesin tumbuhan lidah buaya,,saya seakan bisa merasakan duri2 lidah buaya itu menyayat badan saya (masih tetep kasar),,, terakhir di olesin semacam balsem yang bikin badan saya panas dingin…
Hebatnya,,,,, spa ini bikin kulit saya terasa halus banget tanpa ada baretan luka…. Tp tetep bikin badan pegel…… no more spanish spa……. Lebih baik balik ke etnix salon di ambas deh…..

Siangnya kami melakukan perjalanan yang sama ke arah ho chi minh,,,, setelah 3 jam perjalanan kita mampir ke rest area untuk ke toilet,,, en di sini ada free wifi booo,,padahal ini masih jauh dari kota…
Karena jam sibuk di ho chi minh adalah jam 4-7,, makan kami terjebak macet sekitar 1 jam, en bikin delay kita untuk sampai ke hotel en bertandang ke ben tanh market ( dia buka dari jam 7 pagi – 7 malem).. jadi malem itu saya kembali menjelajah pasar malam disepanjang area dan jalan bui vien,,,,disini dari ujung ke ujung banyak bule yang duduk duduk di bangku kecil sambil chit chat en minum-minum... sepertinya mereka tengah menikmati hari…. :d

Selasa 28 Agustus 2012,
Jam 8.00 perjalanan ke cuchi tunnel di mulai,, mobil bus besar berisikan sekitar 50 orang siap diberangkatkan…tujuan pertama adalah tempat pembuatan keramik dari kulit telur yang dibuat oleh orang-orang cacat,,,, hasil karyanya bagus bagus sekali…..dan harganya memang lebih mahal daripada karya yang lain.,

Kemudian bus bergerak ke cuchi tunnel,, tempat perperangan dengan pihak US,, disini kami diajak untuk berkeliling,,diperlihatkan lubang persembunyian,, ranjau-ranjau,,, tempat makan,,,masuk ke terowongan,,, dan makan singkong rebus yang katanya wajib dimakan biar bisa merasakan penderitaan pada saat perang…..(cuma bisa nyengir kuda ngedengernya)

Lanjut dari cuchi,,, kami balik lagi ke kota dan pergi ke istana president,,, diajak berkeliling untuk lihat ruang rapat, kamar tidur, ruang istirahat, ruang kerja, ruang persembunyian dan lain-lain…. Kemudian ke norte dame untuk berpose di depan gereja dan kantor pos…. terakhir dibawa ke museum perang nya dengan US… disini ditampilkan foto-foto peperangan + korban korban perang dan radiasi…sungguh miris melihatnya.

Kepanikan terjadi ketika tour belum kelar tp waktu sudah menunjukan jam 5 lewat,, sementara pesawat kita sekitar pukul 8.. en pas mo ambil taksi didepan sinh tourist office,, penumpang sebelumnya bilang ke saya “don’t take this taxi, he’s cheat,, he took my money”…. So kita akhirnya jalan rada jauhan en menemukan taksi yang lagi mangkal di depan kantor,,, disana kita naik en berharap ga terjadi apa-apa dijalan (macet, diputer2in, ataupun dimahalin) en terima kasih semua doa kita didengar…. Taksi dari district 1 ke bandara itu saya bayar seharga 160.000 dong dengan perjalanan 45 menit. Jakarta…here I come…

Biaya selama perjalanan :

1. yg mijit ******g sich jd ada tenaga ekstra :p

2. Seru bangettt jadi pengen ke gurun itu^^
    salam kenal mbak vira

1. halo arinkirei,,, salam kenal juga....
      silakan kesana..keren loh disana....;)