Tuesday, May 24, 2016

5 Alasan kenapa kamu jangan coba-coba piknik ke Derawan



Kepulauan Derawan lagi hangat dilirik menjadi salah satu tempat piknik baru,  buat yang lagi lirik-lirik atau mencari referensi, baca dulu alasan kenapa kamu jangan coba-coba piknik di Derawan dibawah ini :

1.    Ga ada macet di Derawan

peta kepulauan dewaran, sumber : wikipedia

Menurut Wikipedia, kepulauan Derawan merupakan kepulauan yang berada di kabupaten Berau, Kalimantan Timur, setidaknya ada 4 pulau yang terkenal, yaitu pulau Derawan, Maratua, dan Biduk-Biduk dan Berau. Pulau Derawan sendiri mempunyai luas 44,6 hektar. tidak ada kendaraan bermotor lewat disini, jadi ga ada macet sama sekali. 


gerbang selamat datang,pic by Indah

jalan di Derawan , pic by marsha

Paling sekali-kali mau bisa mendengar bunyi bell sepeda para tamu ataupun penduduk yang ingin melintas. Berada di pulau ini memang benar-benar mengurangi stress karena macet. Jalan kaki sekeliling pulau pun tak membosankan atau cape karena banyak toko – toko makanan atau souvenir yang bisa kita lihat. 

2.    Penginapanya ga bertingkat & ga punya kolam renang

jalan masuk menuju derawn fisheries, pic taken from here

Penginapan di Pulau Derawan ini biasanya hanya terdiri dari satu lantai, tidak ada tingkat seperti penginapan-penginapan lain di perkotaan. tapi walaupun tidak bertingkat, bukan berarti penginapan disini kalah keren sama penginapan di kota. Sebut saja Derawan Fisheries, penginapan yang terdiri dari 11 kamar ini, mempunyai dermaga sendiri dan berdiri diatas air laut. Pagi hari kamu sudah bisa melihat penyu-penyu kecil berenang di pinggir sekitar penginapan, atau juga ikan nemora  yang berenang bergerombol, mencoba mendekati ikan kembung. 
penginapan Derawan Fisheries pic by Ridwan Doank

ikan nemora di bawah penginapan

penyu ini tiap pagi main disekitar Derawan fisheries

Kalo penginapan di perkotaan punya kolam renang yang dibatasi ukurannya, Derawan fisheris ga punya kolam renang, tapi kita bebas renang, langsung nyemplung aja dari atas penginapan, atau bisa main kayak didepan dermaga. 
 
mo main ini juga bisa, pic dari FB nya Harry Gunawan
Bosan renang, kamu bisa duduk-duduk santai di sunset point yang punya satu bangku besar untuk leyeh-leyeh. Atau menikmati pemandangan yang emang instagable banget deh
 
sunset point, kalo pas sunset kece banget foto disini nih

awannya ngajak liburan banget kan


3.    Alam bawah lautnya memukau

Seperti yang sudah ditulis diatas, ngeliat penyu itu biasa banget. Hampir tiap hari kira bisa lihat dibawah penginapan derawan fisheries. Yang luar biasa itu adalah ketika kita berada ditengah laut kepulauan , tiba-tiba lumba-lumba datang dan mengiringi kapal kita , kemudian ketemu manta, berenang bersama whale shark.  
lion fish, si cantik yang beracun... jgn di pegang ya teman

manta ini suka datang dan pergi sesuka hatinya, sama kaya mantan yg merusak mupon..;)

whale shark di dekat derawan

whale shark

lengkap sudah ketemu mereka

 
bintang lautnya loreng-loreng
4.    Bintangnya banyak banget

Listrik di kepulauan derawan ini sudah 24 jam, tapi berhubung memang pulau kecil yang jauh dari mana-mana, jadi ketika malam suasananya jadi gelap banget, dan kita bisa dengan jelas melihat bintang-bintang bertaburan di angkasa. Coba aja tiduran di dermaga derawan fisheries sekitar jam 11-12 malem, liat ke arah langit dan tunggu sebentar, ga lama kamu pasti bisa menemukan bintang jatuh atau terkesima oleh kerlip bintang dilangit sana. 

dooling sambil liat-liat bintang
 
milky way di Dermaga, pic by @agied /@dee_explorer

5.    Berenang sama ubur-ubur, tp ga disengat 

Pernah berenang kemudian berasa cekit-cekit kaya ada yg tusuk? Saya pernah. Waktu di pulau Seram saya berenang bersama ubur-ubur dan kebetulan ubur-uburnya menyengat, awalnya sih cekit-cekit cuma di satu titik, kemudian berasa sakit hampir disekujur tubuh…aarrrggghhhh.. jadi ga betah aku berenang disana. 
 
ubur-uburnya ga menyengat
Tapi lain cerita sama ubur-ubur yang ada di Kakaban, kepulauan Derawan. Ubur-Ubur disini ada 4 jenis, dan semuanya ga akan menyengat kamu. mulai dari ubur-ubur yang kecil sampai yang besar bisa kamu sentuh kok, aman… tapi inget, bukan berarti kalo boleh sentuh boleh diremes juga ya. Ga mau kan populasi ubur-ubur tak menyengat ini menurun dan jadi langka? Karena di Indonesia hanya ditemukan 2 tempat dimana mereka hidup, yaitu di Kakaban dan Togean. 

pegang boleh, tp jangan di remes

Jadi, jangan coba-coba ke Derawan kalo nantinya nyesel ga mau pulang dan betah banget disini. Perjalanan 4 hari 3 malam bakal berasa kurang dan masih pingin lagi dan pingin lagi. buktinya saya sudah 3 kali kesini tapi masih aja pingin balik lagi.. hehehe.... so tunggu apa lagi ? segera ajukan cuti ke pak boss dan langsung booking tiket.Jangan sampai pekerjaan mengganggu jadwal piknik kamu ;)


+++++++++++++++++++++++++++++
informasi mengenai penginapan : 
Cp Harry gunawan ( Owner ) WATER COTTAGE & TOUR OPERATOR
Hp : 081351319338
Email : derawanfisheries88@yahoo.com


4 comments:

  1. Jadi kangen balik ke derawan. Sudah ex kwsana dan ngak bosen

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayo balik lagi ke derawan.. sekarang makin banyak tempat yang bisa di explore

      Delete